expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Thursday 2 February 2017

When Mommy Back To Campus Part# 6

http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/
Libur telah usai. Saatnya kembali ke dunia nyata. Tak terasa 1,5 bulan berlalu begitu cepat. Kayaknya baru kemarin Ujian Akhir Semester (UAS), eh sekarang sudah mulai kuliah lagi. Kalau soal libur, kayaknya semua sama aja deh, mau anak SD sampai mahasiswa S3 pun paling senang saat libur sekolah atau kuliah. Tak terkecuali saya. Libur 1.5 bulan itu rasanya udah kayak terbebas dari 'beban hidup'. Lohhh kok beban hidup sih?

Well, pada part sebelumnya saya sudah ceritakan suka dukanya menjadi mahasiswi di saat sudah menyandang status sebagai seorang ibu. Apalagi ditambah status 'bekerja'. Bukan hal yang mudah membagi peran menjadi ibu, istri, pekerja, sekaligus mahasiswi dalam waktu yang sama. Tidak mudah membagi waktu menjalani masing-masing peran. Semuanya penting dan sama-sama harus diselesaikan.

Walaupun saya pernah mengalaminya 2 tahun lalu, tapi sekarang sangatlah berbeda. Totally different. Pada awal kuliah pertengahan tahun lalu, saya sempat shock dengan perubahan ritme hidup saya yang luar biasa drastis. Jam tidur berkurang. Waktu santai berkurang. Me time apalagi. Saya tidak sempat lagi ke salon, ngemall, ngegym, atau hangout dengan teman-teman. Waktu saya habis. Energi saya tak tersisa. Habis untuk bekerja, kuliah, mengerjakan tugas kuliah, dan mengurus keluarga. 

Kuliah lagi mengubah hidup saya. Sangat. Bahkan saya sempat berpikir, memutuskan kuliah lagi bukanlah hal yang tepat, namun sebuah kesalahan, hanya menambah beban saja. Cari masalah, buang waktu, tenaga, dan tentu saja uang. Tugas-tugas yang menurut saya berat banget cukup membuat saya depresi. Ujian bikin saya stres, apalagi jika bersamaan dengan pekerjaan kantor yang sedang full juga. Seperti saat ujian akhir semester lalu, beberapa hari Juno panas, tugas kuliah banyak banget, kerjaan kantor juga menumpuk, ditambah harus persiapan ujian. Komplit sudah. Sempurna sekali. Rasanya pengin nangis dan teriak.

Di satu sisi kuliah lagi bisa berarti 'menambah masalah', namun bukan berarti saya tidak menikmatinya. Saya menikmatinya. Saya menyukainya. Banyak hal yang hanya bisa saya peroleh, saya alami, dan saya pelajari di sini. Saya bertemu dengan orang-orang yang luar biasa, dengan berbagai latar belakang. Saya belajar. Belajar untuk membuka mata, hati dan pikiran. Saya juga menemukan passion. Sesuatu yang saya sukai, yang membuat saya semakin bersemangat menjalani kehidupan.

Itu beberapa bulan lalu. Satu semester sudah terlewati. Bukan hal yang mudah memang. Dari awal saya sudah menanamkan dalam benak saya. It's not easy being an employed student mom. Peranmu banyak, jadi tak usah ngoyo. Jalani semampunya. Prinsip ini yang saya pegang teguh. Dan saya memang tidak pernah ngoyo, semampunya saja. Turunkan sedikit ekspektasi, supaya tidak mudah kecewa. Turunkan sedikit saja. Begitu pesan salah satu dosen saya.

Liburan kemarin saya benar-benar refreshing. Melepaskan dan melupakan beban sejenak. Menghabiskan waktu bersama keluarga (baca: Juno dan papinya), diri sendiri dan beberapa teman. Well, tapi sepertinya saya refreshingnya kebablasan. Karena tak ada tugas kuliah, tidak lembur, tidak begadang, jam tidur cukup, berimbas pada berat badan saya. Saya belum nimbang sih, tapi saya rasa dalam 1,5 bulan ini, berat badan saya naik sekitar 2-3 kg. Baju-baju mulai tidak nyaman dipakai. Dan hal ini semakin diyakinkan dengan komentar beberapa orang, "Mbak Heny gemukan ya?". Oughh, sumpah itu sangat menyakitkan. Membuktikan kalau kuliah tidak hanya berpengaruh pada hidup saja, tapi juga berat badan. Hehehe. 

Minggu ini adalah minggu pertama kuliah di semester 2. Jujur, berat banget rasanya kembali ke kampus setelah libur cukup lama. Sama aja lah kayak anak SD yang habis libur panjang. Pasti males banget mau masuk sekolah. Belum bisa move on dari liburan kemarin. "Pi, aku males banget mau kuliah lagi, tugas-tugas lagi, begadang lagi," beberapa kali saya mengatakan ini pada Papi Juno. Gini-gini saya juga bisa manja loh, hehehe. Begini kata Papi Juno," Halahh, nanti kalau sudah masuk seminggu juga udah terbiasa lagi kayak kemarin." Huhh, sayapun manyun. 

Hari ini kuliah pertama di semester ini, dan sudah mulai mengambil mata kuliah pilihan sesuai jurusan yang diminati. Saya berencana mengambil konsentrasi Sumber Daya Manusia (SDM), bersama 3 orang teman saya yang lain. Jadi sekelas hanya 4 orang. Teman-teman saya yang lain terpecah menjadi beberapa kelas konsentrasi lainnya. Saya memilih SDM karena sesuai minat saya dan bidang kerja saya. Kuliah pertama hari ini sangat menarik minat saya. Dengan dosen seorang ibu muda yang sangat smart dan penyampaiannya sangat 'enak', kuliah pertama hari ini sangat fun, di luar tugas-tugas berat yang tetap harus kami kerjakan. 

Dengan Bismillah saya memulai semester ini, semoga seterusnya juga tetap fun. Tugas-tugas berat sudah menanti. Welcome 2nd semester. Siap-siap begadang, lembur, wira-wiri, bahkan 'membelah diri'. Satu lagi, siap-siap langsing lagi yaaa, hehehe. Tetap semangat ya teman-temanku seperjuangan, jaga kesehatan, enjoy the process.





No comments:

Post a Comment